Gede Mahendra - Bali Webmaster
names bali web designer and photographer

Call Me : +62 361 7969018, 467873

Email : gedemahendra@gmail.com

23
March

Kamera merupakan salah satu perangkat elektronik yang saat ini hampir setiap orang sudah bisa memiliki baik yang pocket, terintegrasi pada handphone maupun yang tipe digital pro. Kegunaanya selain untuk mengabadikan moment atau view juga sebagian menjadikan kamera khususnya kamera digital ini sebagai alat bantu kerja, khususnya yang bergerak dibidang media,dokumentasi, periklanan maupun travelling.

Karena keberadaannya sangat membantu dan juga investasinya terkadang tidak sedikit, maka ada baiknya kita memperhatikan beberapa cara untuk merawatnya agar bisa tetap berfungsi bagus dan berumur panjang.

Beberapa cara berikut bisa dilakukan:

  • Membersihkan secara teratur baik kamera maupun lensanya
    Sebelum kita lanjut ada baiknya jika sudah memiliki satu perangkat/set alat pembersih kamera yang umumnya banyak tersedia di toko kamera. Didalamnya ada lap pembersih yg lembut, blower/peniup udara, kuas, kertas halus pembersih lensa dan cairan pembersih khusus. Kalau bisa juga menambahkan dengan lens pen.Bersihkanlah kamera dan lensa secara rutin seminggu sekali dengan peralatan tersebut. Kain lembut seperti flanel bisa digunakan juga pada bagian luar kamera/body. Untuk bagian sela bisa dengan blower maupun kuas. Untuk lensa gunakan cairan khusus dan kain khusus lensa yang sangat lembut (yg bagus terbuat dari kulit domba) - atau kalau beli laptop biasanya dapet pembersih lcd-nya.Khusus pada lensa, usahakan perlakukan dengan hati-hati karena sedikit gores bisa merusak lensa, gunakan lens pen jika ingin membersihkan noda tangan atau jentik, atau kain halus tadi bisa namun agak hati-hati. Jika ada jamur dibagian dalam, segera bawa ke servis center terdekat.

    Khusus jika kita melakukan pemotretan didaerah pantai, pastikan kamera danperalatan lainnya dibersihkan dari garam-garam yang menempel. Lakukan pembersihan khusus untuk keadaan ini.

    Adapun alat pembersih tadi jangan digunakan selain pada kamera anda

  • Simpan dalam alat penyimpan kedap udara seperti dry box atau dry cabinet
    Jika peralatan anda baik kamera dan lensa-lensanya sedang tidak dipergunakan, lebih baik disimpan dalam tempat-tempat tersebut, selain menjauhkan dari debu dan suhu udara yang tidak bersahabat juga untuk menjaga tingkat kelembaban khususnya lensa yang sangat rentan pada jamur.
    Ingat sebelum memasukkan ke tempat penyimpanan ini lakukan pembersihan terlebih dahulu, khususnya setelah selesai dipakai.
  • Gunakan tempat/tas yang khusus didesain untuk kamera digital
    Jika bisa, sebaiknya kita memakai peralatan/aksesoris pendukung kamera seperti tas yang memang didesain khusus untuk membawa kamera. Selain sudah dipersiapkan untuk melindungi kamera dari goncangan maupun benturan, juga memiliki sistem perlindungan terhadap debu atau bahkan terhadap air yang bagus. Beberapa merk terkenal semacam Lowepro menyertakan pelindung cuaca seperti anti air dsb.  Tas-tas ini juga sudah dilengkapi dengan ruang-ruang bersekat untuk meletakkan setiap peralatan kita dan menghindarkan satu sama lain saling berbenturan. Jangan lupa meletakkan beberapa silica gel dalam tasnya.
    Tas biasa juga bisa dipergunakan asalkan sudah bisa membantu kita dari benturan, goncangan dan debu. Terkadang saya pakai baju plus sarung dan saya letakkan di tas kerja.. :mrgreen:
  • Lindungi lensa dengan filter protector
    Yang umum dipergunakan adalah filter UV ataupun ada beberapa filter CPL terpasang permanen didepan lensa. Filter ini banyak sekali membantu selain fungsi filternya juga terhadap front side dari lensa “mahal” kita. Kalau ini boleh saya katakan merupakan hal “wajib” untuk dilakukan terutama untuk lensa-lensa kesayangan kita. Dalam pengalaman, penggunaan sehati-hati mungkinpun masih belum menjamin lensa aman dari benturan, senggolan atau bahkan sentilan benda keras yang bisa mengenai mata lensa kita.
  • Hindarkan dari panas yang berlebihan
    Kamera memiliki aturan suhu tertentu yang ada dalam buku manualnya. Namun secara umum kebanyakan kita sudah tahu jika barang elektronik kita tidak tahan terhadapa panas yang luar biasa, misalkan meletakkan kamera dibawah sinar mentari siang terik. Jadi sebisa mungkin hindarkan kamera dari sinar mentari langsung dan lama.
  • Baca aturan pemakaian dalam Buku Panduan
    Hal umum yang menjadi kebiasaan adalah “mengabaikan” buku panduan. Luangkanlah waktu anda untuk membaca apa isi buku tersebut, apa yang boleh dan tidak harus udah anda hapalkan diluar kepala.
  • Lepaskan batere dan Card jika lagi nganggur
    Saat kamera sedang tidak dipergunakan dalam waktu lama, sebaiknya lepaskan kedua peralatan tadi. Selain awet untuk kamera juga card dan batere akan aman.
  • Jauhkan dari kapur barus
    Kapur barus termasuk salah satu benda yang bisa merusak kamera, kapur barus ini dapat menyekat-nyekat kamera dan bagian kamera yang lain, yang berbahan dasar karet.

Sebenarnya masih banyak cara merawat kamera, namun secara garis besar demikianlah yang lagi terlintas dalam otakku he he he… :lol:

Category : Photography

No comments yet.

Sorry, the comment form is closed at this time.