Gede Mahendra - Bali Webmaster
names bali web designer and photographer

Call Me : +62 361 7969018, 467873

Email : gedemahendra@gmail.com

23
March

Biasanya orang mau membeli lensa bekas adalah karena masalah harga. Ada beberapa spesifikasi lensa yang kita inginkan namun kita tidak mampu membeli harga barunya. Namun ada juga karena ingin punya aja atau tidak tidak mau berinvestasi khusus karena mungkin keperluannya hanya sekedar punya atau tidak perlu-perlu amat.

Membeli lensa bekas secara online adalah sesuatu hal yang sangat susah dan sedikit berbau keberuntungan. Kita bisa mendapat barang yang sesuai dengan iklannya atau bisa juga tidak. Hal paling ditakuti adalah jika penjualnya palsu alias penipu.. udah kirim duit eh.. hilang…

Beberapa cerita berikut adalah berasal dari pengalamanku mencari lensa bekas, mungkin bisa anda jadikan sebagi contoh.

  • Kenali penjualnya
    Dalam beberapa situs komunitas fotografer seperti Fotografer.Net (FN) maupun Ayofoto ada tertera nilai/point pada penjualnya. Dari sini bisa kita dapat sedikit image penjualnya, kita bisa cek profile, karya dan “level” fotografernya. Kalau di bursa FN lebih jelas lagi ada nilai rekomendasi dari beberapa member yang pernah bertransaksi dengannya.
    Namun terkadang kita bertemu situasi dimana barang yang kita ingikan dijual oleh penjual yang minim nilai apalagi rekomendasi. Nah disinilah kita mulai berhati-hati.
    Khusus di bursa FN, beberapa nama sudah sangat familiar dan bisa dipercaya untuk bertransaksi jadi silakan cek siapa saja mereka. Salah satu lensaku adalah dibeli dari mereka ini yaitu Pak Erick yang juga sudah cukup terkenal dikancah persilatan eh fotografi.
  • Baca isi iklannya baik-baik
    Umumnya sepanjang yang saya temukan, para penjual/member yang menjual barangnya banyak menulis tentang keadaan lensanya dengan cukup jujur. Banyak yang dengan terus-terang menjelaskan jika lensanya ada gores, beberapa titik debu, garansi habis, pernah reparasi dsb.
    Khusus yang non rekomendasi, dari isi iklan bisa dikira-kira image penjualnya dari seberapa detail infonya, kontaknya jelas dan kalau sempat cek dulu karya-karyanya. Disamping itu kondisi lensa juga bisa diketahui dari caranya memelihara peralatan misal dengan dry box atau memasangi filter pada lensanya.
    Jika ada disertakan gambar, jika gambar orisinil lebih baik.. kita bisa lebih punya bayangan barangnya seperti apa kondisinya.
  • Penawaran yang wajar
    Jika serius ingin membeli, silakan melakukan penawaran baik lewat posting maupun sms/telp, dari sini bisa juga dibaca sedikit imagenya. Penawaran janganlah terlalu sadis karena biasanya dianggap angin lalu saja.
  • Sering-sering baca info member lain
    Dari yang aku temukan adalah terkadang ada beberapa kejadian penipuan di dunia bursa online ini dan infonya sering diposting oleh teman-teman member.
Category : Photography

No comments yet.

Sorry, the comment form is closed at this time.